Selasa, 10 Januari 2012

PROFESIONALISME GURU

A. Hakekat Profesi Guru
Guru merupakan suatu profesi, yang berarti suatu jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukanoleh sembarang orang di luar bidang pendidikan. Walaupun pada kenyataannya masih terdapat hal hal tersebut di luar bidang kependidikan.
Ada beberapa prinsip mengajar agar ia dapat melaksanakan tugasnya secara profesional yaitu sbb:
1.      guru harus dapat membangkitkan perhatian peserta didik pada materi pelajaran yang diberikan serta dapat menggunakan berbagai media dan sumber yang bervariasi
2.      guru harus dapat membangkitkan minat peserta didik untuk aktif dalam berfikir.
3.      guru harus dapat membuat urutan (sequence) dalam pemberian pembelajaran dan penyesuaian nya dengan usia dan tahapan tugas perkembangan peserta didik.
4.      guru perlu menghubungkan pelajaran yang akan di berikan dengan pengetahuan yang telah di miliki peserta didik.
5.      sesuai dengan prinsip repetisi dalam proses pembelajaran di harapkan guru dapat menjelaskan unit pelajaran secara berulang- ulang.
6.      guru wajib memikirkan dan memperhatikan korelasi antara mata pelajaran dan praktik nyata dalam kehidupan sehari – hari.
7.      guru harus tetap menjaga konsentrasi belajar para peserta didik dengan cara memberi kesempatan berupa pengalaman.
8.      guru harus mengembangkan sikap peserta didik dalam membina suatu hubungan sosial.
9.      guru harus menyelidiki dan mendalami perbedaan serta secara individual.


B. Guru Sebagai Contoh (Suri tauladan)
Perubahan dalam cara mengajar guru dapat di latikan melalui peningkatan kemampuan belajar sehingga kebiasaan lama yang kurang efektif dapat segera terdeteksi dan perlahan- lahan di hilangkan.
cara mengajar guru yang di harapkan akan mempengaruhi pada cara belajar siswa di antaranya sebagai berikut:
1.      memperkecil kebiasaan cara mengajar guru baru 
2.      guru hendakan berperan sebagai pengarah, pembimbing, pemberi kemudahan ,dengan menyediakan berbagi fasilitas.
3.      mengubah sekedar metode ceramah dengan berbagai variasi


C. Kompetensi dan Tugas Guru
1. Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional seorang guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar ia dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan berhasil. Adapun kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yaitu sebagai berikut:
A.      Kompetensi pribadi
        Beberapa kompetensi yang semestinya ada pada seorang guru yaitu memilki pengetahuan yang dalam tentang materi pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
B.       Kompetensi sosial
         Kompetensi sosial yang dimiliki seorang guru adalah menyangkut kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan lingkungan mereka (orang tua, masyarakat, teman)
C.         Kompetensi profesional mengajar
a.       merencanakan sistem pembelajaran
                                                                 i.   Merumuskan tujuan
                                                               ii.   Memilih prioritas materi yang akan diajarkan
                                                             iii.   Memilih dan menggunakan metode
                                                             iv.   Memilih dan menggunakan sumber belajar
                                                               v.   Memilih dan menggunakan media pembelajaran
b.      melaksanakn sistem pembelajaran
                                                                 i.memilih bentuk kegiatan pembelajaran secara tepat
                                                               ii.menyajikan urutan pembelajaran yang tepat
                                                             iii. 
c.       mengevaluasi sistem pembelajaran
                                                                 i.memilih dan menyusun jenis evaluasi
                                                               ii.melaksanakan kegiatan evaluasi
                                                             iii.mengadministrasikan hasil evaluasi
d.      mengembangkan sistem pembelajaran
                                                              i.mengoptimalisasi potensi peserta didik
                                                            ii.meningkatkan wawasan kemampuan diri sendiri
                                                          iii.mengembangkan program pembelajaran lebih lanjut 

sedangkan kompetensi guru yang telah di bakukan oleh dirjen dikdasmen depdiknas (1999) sebagai berikut
1.      mengembangkan kpribadian
2.      menguasai landasan pendidikan
3.      menguasai bahan pembelajaran
4.      menyusu program pelajaran
5.      melaksanakan program pengajaran
6.      menilai hasil dalam PBM
7.      menyelenggarakan penelitian
8.      menyelenggarakan program bimbingan
9.      berinteraksi dengan masyarakat
10.  menyelenggarakan administrasi sekolah

2.  Seperangkat Tugas Guru
Masyarakat menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat di lingkungannya karena dari seorang guru di harapkan masyarakat dapat memperoleh ilmu pengetahuan.
1.   tugas pengajar mengolah pembelajaran
a.       tugas manajerial
menyangkut fungsi administrasi (memimpin kelas) baik internal maupun eksternal
-             Berhubungan dengan peserta didik.
-             Alat perlengkapan kelas.
-             Tindakan-tindakan profesional
b.      Tugas edukasional
Menyangkut fungsi mendidik, bersifat:
-                Motivasional
-                Pendisiplinan
-                Sanksi social
c.       tugas intruksional
menyangkut fungsi belajar, bersifat
-                Penyampaian materi
-                Pemberian tugas-tugas pada peserta didik
-                Mengawasi dan memeriksa tugas.
2.   tugas pengajar sebagai pelaksana
   tugas guru sebagai pengelola proses pembelajaran sebagai berikut:
a.       Menilai kemajuan program pembelajaran
b.      Mampu menyediakan kondisi yang memungkinkan peserta didik belajar smbil bekerja
c.       Mampu mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan alat-alat    belajar
d.      Mengkoordinasi, mengarahkan, dan memaksimalkan kegiatan kelas
e.       Membuat keputusan intruksional dalam situasi tertentu
f.       Bertindak sebagai manusia sumber
g.      Membimbing pengalaman peserta didik sehari-hari
h.      Mampu memimpin kegiatan belajar yang efektif dan efisien untuk mencapai hasil  yang optimal

D.   Peranan guru dalam pembelajaran tatap muka
1.      guru sebagai perancang pembelajaran ( desaig er of intruksion)
a.       membuat dan merumuskan TIK
b.      menyiapakan materi yang relevan dengan tujuan , waktu, fasilitas, sperkembangan ilmu, kebutuhan dan kemampuan siswa, komperhensif, sistematis, dan fungsional efektif.
c.       merancang metode yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa
d.      menyediakan sumber belajar, dalam hal ini guru berperan sebagai fasilisator dalam pengajaran
e.       media, dalam hal ini guru berperan sebagai mediator dengan memerhatikan relevansi ( seperti juga materi ), efektif dan efisien, kesesuaian dengan metode, serta pertimbangan praktis.
2.      guru sebagai penelola pembelajran (manager of intruktion)
tujuan umum pengelolaan kelas adalah menyediakan dan menggunakan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan khususnya adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat0alat belajar, menyediakan kondisi-kondisi yang memungkinkan siswa bekerja dan belajar serta membantu siswa memperoleh hasil yang diharapkan.
Selain itu, guru hendaknya mampu mempergunakan pengetahuan tentang teori belajar mengajar dan teori perkembangan hingga memungkinkan untuk menciptakan situasi belajar yang baik mengendalikan pelaksanaan pengajaran dan pencapaian tujuan.
3.      guru sebagai pengarah pembelajaran
empat hal yang dapat dikerjakan guru dalam memberikan motivasi sebagai berikut :
1.        membangkitkan dorongan siswa untuk belajar
2.        menjelaskan secara kongkrik, apa yang dapat di lakukan pada akhir pengajaran
3.        memberikan pengajaran terhadap prestasi yang dicapai hingga dapat merangsang pencapaian prestasi yang baik di kemudian hari
4.        membentuk kebiasaan pelajar yang baik

sebagai pembimbing guru di harapkan mampu untuk :
1.        mengenal dan memahami setiap peserta didik,  baik secara individual maupun secara kelompok
2.        membantu setiap peserta didik dalam mengatasi masalah pribadi yang dihadapi
3.        memberikan kesempatan yang memadai, agar setiap peserta didik dapay belajar sesuai kemampuan pribadi
4.        mengevakuasi keberhasilan rancangan acara pembelajaran dan langkah kegiatan yang telah di lakukannya.

4.         guru sebagai evluator (evaluator of student learning )
tujuan uatam penilain adalah untuk melihat tingkat keberhasilan, efektifitas dan efesiensi dalam proses pembelajaran. Selain itu untuk mengetahui kedudukan peserta dalam kelas atau kelompoknya. Dalam fungsinya sebagai penilai hasil belajar peserta didik guru hendaknya secara terus menerus mengikuti hasil belajar yang telah dicapai peserta didik dari waktu ke waktu. Umpan balik akan dijadikan titik tolah untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran selanjutanya. Dengan demikian proses pembelajarn akan terus menerus ditingkatkan untuk memperoleh hasil yang optimat.
5.         guru sebagai konselor
guru sebagai konselor adalah ia diharapkan akan dapat merespons segala masalah tingkah laku yang terjadi didalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus di persiapkan :
-          dapat menolong peserta didik dalam memecahkan masalah yang timbul antara peserta didik dengan orang tuanya
-          Bisa memperoleh keahlian dala membina hubungan yang manusiawi dan dapat mempersiapkan untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan bermacam-macam manusia

6.         guru sebagai pelaksana kurikulum
                                                  Kurikulum adalah seperangkat pengalaman belajar yang akan didapat oleh peserta didik selama ia mengikuti suatu proses pandidikan.
Untuk pernyataan tersebut terdapat beberapa alasan yaitu:
a.    guru adalah pelaksana langsung dari kurikulum disuatu kelas.
b.   Guru lah yang bertugas mengembangkan kurikulum pada tingkat pembelajaran
c.    Guru lah yang langsung menghadapi berbagai permasalahan yang muncul sehubungan pelaksanaan kurikulum dikelas
d.   Tugas gurulah yang mencarikan upaya memecahkan segala permasalahan yang dihadapi dan melaksanakan upaya itu

                                                  Sedangkan peranan guru dalam pembinaan dan pengembangan kurikulum secara aktif dapat dijabarkan sebagai berikut:
a.       Dalam perencanaan kurikulum
b.      Dalam pelaksanaan di lapangan
c.       Dalam proses penilaian
d.      Pengadministrasian
e.       Perubahan kurikulum

7.      guru dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis lingkungan
1.      Posisi dan paran guru
a.       Pemimpin belajar
b.      Fasilitator belajar
c.       Moderator
d.      Motivator belajar
e.       Evaluator belajar

8.                  tugas dan tanggung jawab guru
                                             Ada beberapa ketentuan yang dituntut dari guru agar dapat menumbuhkan minat dalam proses pembelajaran, yaitu sbb:
a.          Mampu menjabarkan bahan pembelajaran kedalam berbagai bentuk cara penyampaian
b.        Mampu merumuskan tujuan pembelajaran kognitif tingkat tinggi, seperti analisis, sintesis, dan evaluasi.
c.          Menguasai cara belajar yang efektif
d.        Memiliki sikap yang positif terhadap tugas profesinya
e.         Terampil dalam membuat alat peraga pembelajaran sederhana
f.         Terampil dalam menggunakan berbagai model dan metode pembelajaran
g.        Terampil dalam melakukan interaksi
h.        Memahami sifat dan karakteristik peserta didik
i.          Terampil dalam menggunakan sumber-sumber balajar
j.          Terampil dalam mengelola kelas atau memimpin pesrta didik

9.        Syarat guru yang baik dan berhasil
Syarat-syarat tersebut dapat dijabarkan lebih terperinci:
a.    Guru harus berijazah
b.    Guru harus sehat jasmaniu dan rohani
c.    Guru harus bertaqwa kepada tuhan yang maha esa
d.   Guru haruslah bertanggung jawab
e.    Guru di indonesia harus berjiwa nasional

                          Adapun syarat lain yang lebih erat kaitannya dengan tugas guru disekolah, sbb:
a.       harus adil dan dapat dipercaya
b.      sabar, rela berkorban, dan menyayangi peserta didiknya
c.       memiliki kewibawaan bertanggunga jawab akademis
d.      bersikap baik pada rekan guru stap di sekolah dan masyarakat
e.       harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan menguasai benar mata pelajaran yang di bina nya
f.       harus selalu introspeksi diri dan siap menerima kritik dari siapa pun
g.      harus berupaya meningkatkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar